Mencintai Diri Sendiri dengan Clean-Eating

Before you love someone, you have to love yourself. Nah, bukti mencintai diri sendiri adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu pola makan yang lagi trending saat ini adalah clean-eating, pernah dengar?

Menurut Mayoclinic.org, konsep dari clean-eating adalah pola makan yang lebih banyak mengonsumsi makanan dalam bentuk utuh, seperti buah-buahan, sayuran, protein nabati, kacang-kacangan, serta minyak sehat, seperti minyak zaitun. Sebisa mungkin, kita hanya mengonsumsi makanan yang paling mendekati bentuk aslinya dan bukan makanan olahan pabrik yang mengalami proses masak yang panjang.

Source: unsplash

Mengapa clean-eating sangat digandrungi?

Manfaat terbesar dari mengonsumsi makanan yang minim akan proses pengolahannya, kita akan mendapatkan nutrisi makanan tersebut secara utuh pula. Seperti yang dikutip dari klikdokter.com, makanan dengan proses masak yang panjang berisiko terhadap kesehatan karena mengalami banyak perubahan fisik dan kimia, sehingga banyak nutrisi yang hilang.

Makanan yang senyawa bioktifnya masih terjaga akan memberikan manfaat optimal bagi kesehatan tubuh dan mikroorganisme usus. Sebagai contoh jika kita makan tomat tentu lebih terasa sehat dibandingkan jika mengonsuminya dalam bentuk saus tomat konvensional.

Namun jangan sampai salah kaprah

Source:unsplash

Jika kamu berniat menjalani clean-eating, bersiap-siaplah untuk lebih teliti terhadap ‘kandungan sebenarnya’ yang ada di dalam makananmu. Tentu saja kita akan memilih roti gandum dibandingkan roti putih. Namun baca lebih teliti apa yang jadi komposisinya. Jangan sampai masih ada kandungan wheat flour dan gula dibalik label roti gandum tersebut. Atau misalnya kita tertarik untuk meminum cold-pressed juice. Tanyakan kepada penjualnya, darimana sumber rasa manisnya? 100% dari buahkah atau masih ada gula pasirnya? Itulah mengapa banyak penganut clean-eating menjadi chef untuk makanannya sendiri, karena mereka tahu betul apa Yang mereka masukan ke dalam tubuhnya, plus bisa lebih hemat juga, kan. Remember that you are what you eat, ladies..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *