GEN Z, SELAMAT DATANG DI DUNIA KERJA! SUKSES MENJADI WANITA KARIR DENGAN TIPS INI

Welcome, Gen Z! Generasi yang lahir pada pertengahan tahun 1990-an ini mulai eksis di dunia kerja sebagai new entry.  Banyak dari mereka yang telah lulus kuliah dan memberi dampak yang signifikan di tempat kerja modern. 

Gen Z terkenal dengan sebutan tech-savvy, suka perubahan yang cepat, mandiri, dan tidak terlalu ‘manja’ seperti generasi milenial. Dengan jumlah pekerja Gen Z yang tinggi, maka tidak menutup kemungkinan kamu yang berasal dari generasi ini, bisa menjadi pekerja yang sukses.

Pun demikian untuk kamu yang perempuan, karena siapa pun berhak untuk merasakan kesuksesan dalam karirnya. Berikut ini tips untuk perempuan yang ingin sukses dalam karirnya, yang dihimpun dari berbagai sumber:

Konsisten dengan pekerjaan

Semua orang ingin sukses, namun tidak semua orang mampu konsisten dalam pekerjaan. Konsisten diyakini sebagai kunci sukses jangka panjang. Pekerjaan-pekerjaan kecil pun jika dilakukan dengan konsisten akan membawa manfaat yang besar.

Nah, untuk bisa terus konsisten dengan pekerjaan ladies, berikut hal yang bisa dilakukan:

  • Fokus pada tujuan – memiliki banyak keinginan memang tidak salah, namun sebaiknya pilih satu tujuan sebagai fokus lalu berjuanglah agar berhasil
  • Buat prioritas – memiliki prioritas untuk dikerjakan akan membuat ladies tidak menyia-nyiakan waktu yang ada dan menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat
  • Selaraskan ucapan dan tindakan – berusahalah agar apa yang ladies ucapkan sesuai dengan apa yang ladies lakukan. Dengan demikian ladies akan dipercaya oleh teman sekerja bahkan pimpinan.

Miliki kecerdasan sosial

Photo by Anete Lusina from Pexels

Yang dimaksud dengan kecerdasan sosial adalah kemampuan untuk berkomunikasi, bersosialisasi dan beradaptasi dengan orang lain. Kemampuan seperti ini sangat penting dimiliki jika ladies ingin menjadi wanita karir yang sukses.

Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri seseorang yang memiliki kecerdasan sosial:

  • Mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain (empati)
  • Mampu membaca situasi atau perasaan orang-orang yang berinteraksi dengannya
  • Bertutur kata dengan sopan dan jelas sehingga mudah dimengerti oleh siapapun juga
  • Berperilaku jujur dan tulus
  • Menghargai orang lain

Hal-hal sederhana yang bisa melatih kecerdasan sosial ladies yaitu selalu berpikir sebelum berkata-kata atau bertindak. Tak pernah takut berkata tidak, tak pernah membatasi diri untuk bersosialisasi, dan tidak mudah percaya tanpa ada bukti yang jelas.

Jaga sikap dan tutur kata

Bagi seorang wanita karir, citra diri yang baik dan positif mutlak diperlukan. Untuk itulah, maka ladies harus mampu menjaga sikap dan tutur kata.

Jangan sampai karena kesalahan sedikit dalam tindakan atau sikap maka image ladies menjadi buruk. Tentu selanjutnya akan berdampak buruk juga pada karir ladies.

Jaga sikap, jaga tutur kata termasuk dalam penampilan. Berlakulah profesional, agar ladies disukai dan disegani banyak orang.

Bergabunglah dengan komunitas para profesional

Bergabung dalam komunitas profesional baik itu secara offline maupun online memberikan manfaat yang baik bagi karir ladies. Berteman dengan banyak pekerja profesional akan membuat ladies memiliki berbagai kenalan dan relasi.

Inilah yang nantinya membuka peluang-peluang bagus bagi ladies. Termasuk membuat ladies lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan pekerjaan.

Jangan takut gagal – tidak ada orang sukses tanpa pernah gagal. Jadi jangan takut gagal. Kalaupun gagal, perbaiki cara kerja ladies dan bangkitlah sekali lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *