IKUTI TIPS INI SUPAYA JADI FREELANCER YANG BANYAK DICARI

Pada masa pandemi ini tentu kita harus mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi semua kebutuhan. Salah satunya dengan menjadi freelancer, walaupun menjadi freelancer terlihat asyik dan memiliki pekerjaan yang fleksibel. Menjadi freelancer tidak semudah yang kita lihat lho.

Kamu harus memiliki ritme dan memiliki target, karena hal ini mempengaruhi seberapa besar pendatan kamu. Oleh karena ini simak beberapa tips menjadi freelancer yang sukses dan banyak klien berikut ini yuk!

Bangun personal branding

Photo by LA MM from Pexels

Cara pertama untuk menjadi seorang freelancer adalah dengan cara membangun personal branding. Karena kamu harus memasarkan diri kamu sendiri untuk mendapatkan dan menarik pekerjaan atau klien. Dengan membangun personal branding membuat klien akan tertarik dan mempercayai dengan keahlian yang kamu miliki.

Personal branding sendiri bisa kamu lakukan dengan memajang hasil karya – karya kamu di beragam platform media sosial. Selain itu, kamu juga bisa membuat konten – konten yang berhubungan dengan hal – hal yang kamu kerjakan. Kalau sudah begitu, tentu calon klien akan melihat kamu sebagai freelancer yang berkualitas dan tak segan menjalin kerja sama denganmu.

Bekerja dengan baik dan sesuai deadline

Photo by Enikő Tóth from Pexels

Ketika kamu diberikan pekerjaan oleh klien, tentu akan ada yang namanya Deadline. Akan tetapi masalah yang sering terjadi pada freelancer adalah rasa malas yang menghadang. Cara menjadi freelancer yang berikutnya kamu harus mengontrol rasa malas tersebut, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu sesuai deadline.

Unggah hasil pekerjaan

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Apabila kamu ingin membuat sebuah portfolio untuk hasil kerja yang telah diselesaikan dalam sebuah platform, maka ada baiknya kamu menguggahnya di internet. Kamu bisa menggunakan website gratisan semacam Fiverr, Sribu, ataupun media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Tumblr, Pinterest, dan lain sebagainya. Namun perlu diingat, hal tersebut bisa dilakukan asalkan kamu sudah mendapat persetujuan dari klien. Jangan lupa juga ketika mengunggah hasil karya kamu sertakan juga alamat website klien agar saling menguntungkan kedua pihak.

Aktif di media sosial

Photo by cottonbro from Pexels

Jika kamu sudah mengunggah hasil kerja kamu di website pribadi secara teratur, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah aktif di media sosial. Dengan menggunakan platform ini, dijamin karir freelance yang kamu sedang kerjakan saat ini akan mendapatkan respons yang berlimpah serta membuka gerbang menuju klien-klien potensial.

Menjadi freelancer artinya kamu akan berhadapan dengan banyak klien yang punya ide, tingkah laku, dan pandangan yang berbeda-beda. Di sinilah sisi profesionalisme kamu akan diuji, sehingga kamu harus sering melakukan introspeksi diri apakah pelayanan dan hasil kerja kamu sekarang sudah ok atau masih kurang. Dengan melakukan introspeksi, kamu tidak hanya dapat memperbaiki diri, namun juga membuat kamu siap menghadapi apa pun, termasuk pemutusan kerja sepihak yang biasa dilakukan klien.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *