TIPS MENGELOLA KEUANGAN UNTUK MILENIAL DAN GEN Z

Photo by Quang Anh Ha Nguyen from Pexels

Mengelola keuangan dengan baik merupakan salah satu hal terpenting dalam hidup, ladies.

Sayangnya, kita-kita yang masuk ke dalam kategori generasi millennial dan generasi Z masih harus belajar mengelola keuangan dengan baik. 

menikmati hidup dengan jalan-jalan, nongkrong, belanja online, nonton konser itu boleh banget dilakukan, tapi jangan keseringan yaa. 

untuk para generasi milenial yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan, yuk simak tips menabung dan mengatur keuangan yang terencana di bawah ini!

Periksa Jumlah Uang di Rekening Secara Berkala

Photo by Miguel Á. Padriñán from Pexels

Selalu periksa jumlah uang di rekening secara berkala, dengan begitu kamu juga akan lebih mudah dalam mengatur pengeluaran.

Jangan pernah membelanjakan atau menggunakan uang yang ada di tabungan, kecuali di kondisi darurat atau mendesak. Kalau perlu, pisahkan rekening untuk keperluan sehari-hari dengan rekening tabungan, ladies.

Usahakan untuk membuat target mengenai jumlah uang yang harus ada di rekening setiap bulannya. Misalkan, hingga waktu gajian selanjutnya, maka uang yang ada di rekening setidaknya harus tersisa Rp100 ribu, dan tidak boleh sampai nol.

Smart Spending

Photo by Cup of Couple from Pexels

Millennials cenderung membeli sesuatu tanpa memperhatikan kondisi keuangan dan jangka panjang. Kesulitan membedakan keinginan dan kebutuhan menyebabkan millenials cenderung sulit mengelola keuangan.

Millennials dapat menerapkan rumus 40-30-20-10. Sisihkan 40% untuk keperluan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan hutang, 20% untuk investasi, tabungan, atau asuransi, serta 10% untuk kebutuhan sosial. Nah melanjutkan point pertama, setelah menentukan skala prioritas, akan lebih mudah untuk dapat mengimplementasikan rumus 40-30-20-10, agar bisa lebih bijak dalam mengelola pengeluaran!

Investasi & Asuransi

Photo by Adrianna Calvo from Pexels

Di umur yang masih muda, menjadi waktu yang tepat bagi generasi millennials untuk mulai menyisihkan uangnya untuk berinvestasi. Fenomena FIRE (Financial Independence Retire Early) yang sedang trend di kalangan millennials membuat millennials banyak mencari ‘side hustle’ atau melakukan investasi yang bersifat ‘high risk high return’, namun perlu dipahami bahwa investasi yang bersifat high risk tentunya perlu diimbangin dengan pengetahuan dan analisa yang mendalam, oleh karena itu peran financial advisor sangat penting untuk investor pemula khususnya millennials.

Selamat mencoba ladies!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *